Pembukaan Puskesmas Perawatan Karangdadap

Kamis, 13 Januari 2011

Pengembangan Puskesmas terus dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan untuk bisa memberikan pelayanan prima yang maksimal kepada masyarakat salah satunya dengan dibukanya Puskesmas Perawatan Karangdadap pada tanggal 12 Januari 2011 kemarin, Puskesmas Karangdadap merupakan Puskesmas Rawat Inap ke 7 yang ada di Kabupaten Pekalongan, saat ini Puskesmas Perawatan Karangdadap berkapasitas 9 Tempat Tidur,  8 untuk Perawatan Umum dan 1 untuk Perawatan Kebidanan. Dengan sarana dan prasarana tersebut diupayakan agar dapat berfungsi maksimal serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Puskesmas yang diresmikan ini merupakan pemindahan puskesmas induk yang semula berada di Pegandon dan sekarang beralih ke  Karangdadap dengan status yang semula puskesmas pembantu menjadi puskesmas perawatan sedangkan puskesmas pegandon tetap melayani masyarakat yang membutuhkan dengan beralih status sebagai puskesmas pembantu. Sehingga dengan adanya Puskesmas Perawatan Karangdadap. penanganan kasus-kasus kesehatan yang masih bisa ditangani oleh Puskesmas Perawatan tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit dan pasien segera mendapat perawatan dasar sebagaimana kewenangannya sebagai Puskesmas perawatan. Selain melayani perawatan pelayanan umum tetap dilaksanakan seperti pelayanan pengobatan, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan KIA dan IVA serta pelayanan kefarmasian dan pelayanan laboratorium sebagai penunjang pemeriksaan.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dr. Moh. Hasyim Purwadi pada sambutannya mengatakan bahwa, Pendidikan & Kesehatan merupakan prioritas dalam Pembangunan saat ini. Di Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Kesehatan telah berupaya untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Saat ini Kabupaten Pekalongan mempunyai 26 Puskesmas terdiri dari 19 Puskesmas induk  dan 7  Puskesmas Perawatan (termasuk Puskemas Perawatan Karangdadap). 50 Puskesmas Pembantu dan 168 Poliklinik Kesehatan Desa yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Pekalongan.
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Kesehatan terus ditingkatkan agar masyarakat Kabupaten Pekalongan mempunyai sarana kesehatan yang memadai dan juga mudah dalam aksesnya. Upaya peningkatan Puskesmas menjadi Puskesmas Perawatan adalah salah satu bentuk pemenuhan sarana kesehatan dalam rangka mencukupi kebutuhan tempat tidur pasien yang masih sangat kurang di Kabupaten Pekalongan.
Setelah menyampaikan sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dr. Moh. Hasyim Purwadi meresmikan pembukaan Puskesmas Perawatan Karangdadap secara simbolis dengan pengguntingan pita dengan didampingi oleh Kepala Puskesmas Karangdadap dr. Sri Sulistyawati.

0 komentar: