Minyak Ikan Dapat Membantu Kesehatan Jantung

Kamis, 16 Agustus 2012

Cukup satu gram minyak ikan per hari.

Mereka yang terkena jantung koroner bisa diobati dengan mengonsumsi satu gram minyak ikan per hari.

Apabila Anda ingin menjaga kesehatan jantung, cobalah untuk mengonsumsi minyak ikan. Sementara sebagian orang mengonsumsi ikan untuk melancarkan program dietnya, bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner disarankan untuk mengonsumsi minyak ikan satu gram per hari. Jumlah tersebut sama dengan tiga ons salmon (ikan salmon memiliki gizi dan protein yang tinggi).

Menurut James O'Keefe, MD, seorang ahli jantung di Mid-America Heart Institute di Bethesda, Md, orang yang sehat harus mengonsumsi paling tidak 500 miligram per hari. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, ditemukan dalam ikan dan minyak ikan serta beberapa makanan nabati, dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

Setidaknya mengonsumsi ikan sebagai lauk dalam seminggu mampu menurunkan 52% risiko kematian akibat penyakit jantung mendadak, menurut sebuah penelitian tahun 1998 terhadap lebih dari 20.000 dokter pria AS.

Secara khusus, dapat membantu mencegah aritmia, lebih rendah trigliserida (jenis lemak dalam darah), memperlambat penumpukan plak di arteri, dan tekanan darah sedikit lebih rendah.

Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi minyak ikan sebelum beralih ke suplemen kapsul, karena ikan juga merupakan sumber protein yang baik dan nutrisi lainnya. Joyce Baber, 54, dari Mesir, NJ, berusaha untuk melakukan hal itu untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi-tinggi, 233 (LDL, 174; HDL, 59) dan tekanan darah sedikit tinggi.

"Dokter saya mengajurkan untuk mengonsumsi  omega-3," katanya. "LDL saya seharusnya 130 atau kurang dan HDL harus lebih dekat dengan 100."

Pasien dengan kolesterol tinggi yang mengkonsumsi EPA, omega-3 asam lemak, sehari-hari menunjukkan penurunan 19% terhadap penyakit jantung koroner, termasuk serangan jantung , menurut sebuah studi 2007 Jepang lebih dari 18.000 orang.

Sumber : http://www.beritasatu.com
 

0 komentar: