Mengapa Penyakit Celiac Saat Ini Lebih Sering Terjadi

Sabtu, 27 Agustus 2011

Dimulai ketika anda masih kanak-kanak, Anda mengalami kejang, sakit kepala yang tidak dapat dijelaskan, berjerawat di seluruh kulit, nyeri perut, semua hal yang mengikis kualitas hidup Anda. Seringkali, anak-anak mengalami kesulitan di sekolah karena mereka sering merasa sakit sehingga pihak sekolah bertanya-tanya apakah mereka sedang berpura-pura. Hal itu berlangsung terus-menerus hingga akhirnya seseorang menyadarinya dan memeriksakannya ke dokter, dan keluarlah diagnosis yang terdengar sangat serius, Penyakit Celiac.

Celiac bukanlah penyakit umum yang terjadi pada manusia. Menurut sebuah studi
yang baru-baru ini dilakukan oleh Mayo Clinic, sekitar 50 tahun yang lalu hanya satu dari 500 orang di Amerika memilikinya, Saat ini, satu dari 100 orang memilikinya. Tentunya hal ini tidak berkaitan dengan genetika manusia yang berubah. Tidak ada perubahan dalam 50 tahun INI. Satu-satunya hal yang bisa membuat hal ini terjadi adalah perubahan lingkungan kita. Hal ini bisa termasuk apa saja, polusi, penggunaan pestisida, atau kehadiran hormon sintetis dalam buah-buahan yang kita makan. Akhirnya penyakit Celiac tidak lagi menjadi penyakit jarang terdengar. Penyakit ini semakin dikenal seperti penyakit Bipolar atau Skizofrenia, dan nantinya akan sering terdengar seperti penyakit Diabetes.
Jadi apakah yang dimaksud penyakit Celiac? Pada dasarnya Celiac adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu mencerna makanan yang mengandung protein umum yang dapat Anda temukan dalam banyak bahan makanan. Jika Anda makan roti misalnya, protein gluten di dalamnya membuat tubuh Anda berpikir bahwa ada invasi yang terjadi. Dan bereaksi dengan menghancurkan lapisan usus kecil. Bila Anda memiliki lapisan usus yang terganggu, tentu akan ada rasa sakit dan Anda juga akan kekurangan banyak gizi, karena usus tidak lagi mampu menyerap vitamin. Tidak ada obat-obatan yang bisa benar-benar bekerja. Tidak ada yang dapat menyembuhkannya sampai Anda tahu bahwa Anda sedang mengidap penyakit Celiac dan cara mengobatinya hanyalah dengan menghindari makanan yang mengandung gluten. Mengetahui bahwa Anda mengidap Celiac juga bukan perkara yang mudah. Seringkali Anda terpaksa menderita sepanjang hidup Anda tanpa mengetahui apa penyebabnya.
Pertanyaannya tentang "mengapa" adalah hal yang sangat penting di sini. Mengapa lebih banyak orang menderita Celiac sekarang daripada sebelumnya? Secara umum, penyakit auto-imun seperti ini lebih banyak terjadi jaman sekarang daripada jaman dahulu. Dokter percaya bahwa salah satu alasannya adalah bahwa kita 50 tahun belakangan ini kita hidup di lingkungan yang terlalu terjaga kebersihannya. Sistem kekebalan tubuh kita perlu sesuatu untuk dilawan. Mereka membutuhkan sesuatu untuk melangsungkan keberadaan mereka. Dengan kurangnya patogen atau hal lain di lingkungan untuk dilawan,antibodi mulai mengaktifkan dirinya sendiri. sistem kekebalan tubuh kita adalah seperti militer terlatih yang tidak sabar untuk berperang. Beberapa ahli lain mengemukakan bahwa mungkin ada sesuatu tentang cara kita menanam gandum dan biji-bijian dan cara kita mengolahnya.
Orang-orang yang menderita penyakit Celiac dapat mengikuti gerakan bebas gluten namun tetap menjalani hidup senormal mungkin. Jika Anda mengenal seseorang yang memiliki intoleransi gluten, minta mereka untuk berlangganan majalah kesehatan.
Sumber : Doktermu.com

0 komentar: